Modal Usaha Bisnis Bengkel Motor

Diposkan oleh Cara Efektif on Kamis, 15 Juli 2010

Kebutuhan servis bagi sepeda motor menjadi kebutuhan rutin yang harus dilakukan oleh penggunanya. Tak ayal,bengkel motorpun tumbuh menjamur hingga kawasan daerah pelosok.

Bengkel Umum Lebih Banyak. Jumlah bengkel kemitraan memang kalah banyak, mengingat bengkel umum lebih gampang persyaratannya dan lebih mudah pendiriannya. Prospeknya akan tetap bagus karena karena penjualan motor juga meningkat tiap tahunnya hingga keberadaan bengkel resmi pun amat diperlukan .

Modal Usaha. Untuk membuka bengkel motor umum modalnya lebih kecil di bandingkan membuka bengkel kemitraan,sehingga paling cocok bagi pemula usaha ini. Usaha dimulai dari bengkel umum dengan modal Rp 20 juta. Dari modal sebesar itu Rp 5 juta di gunakan untuk membeli kompresor dan peralatan bengkel. Sisanya untuk stock sparepart dan aksesoris yang bersifat fast-moving sparepart.


Pemasaran. Untuk menarik minat konsumen datang ke bengkel motor bisa dilakuakn lewat pembagian brosur, pamphlet, dan servis gratis saat awal buka usaha. Bila bengkel sepi kemungkinan yang terjadi adalah salah pemetaan dalam memperhatikan permintaan ( jumlah motor ) di daerah tersebut atau lokasi yang kurang tepat. Sebaiknya di lingkungan perusahaan karena orang ingin dekat saat servis , jalan utama atau protocol atau jalan utama orang menuju kantor atau tempat kerjanya.


Keuntungan. Dari berbagi jenis bengkel tersebut, keuntungan servis terbesar adalah modifikasi misalnya modifikasi costum body bahan fiber dari motor bebek jadi motor Trail bisa mematok Rp 1,5-2 juta, padahal harga untuk pengerjaan hanya Rp 500 ribu atau keuntungan sekitar 67% . Hal ini karena hasil modifikasi tergantung kepuasan konsumen.


Kendala. Untuk tenaga mekanik yang handal masih menjadi kendala bagi pelaku usaha bengkel motor, juga bila ada konsumen yang complain, sehingga solusinya dengan mendengarkan keluhan konsumen dan bisa juga menerapkan system garansi dalam pengerjaan. (bisnisukm.com)

{ 1 komentar... read them below or add one }

Hidayat Sy mengatakan...

Mau buka Toko spare part & aksesoris Motor mulai dari 15 juta
Toko Plus Bengkel Motor (termasuk Peralatan Bengkel) cuma 20 juta
Spare part, Aksesoris lengkap Plus Ban dan Oli
Harga Bersaing Plus Bonus Jutaan rupiah ..
Diberikan Bimbingan dan Konsultasi usaha Gratis ..
CV. Swalayan Motor
Plaza Taman Niaga Blok F3A, kota BSB, Semarang
Telp: 024-76631162, 08179904068

www.gp1-racing.com

Poskan Komentar

ShareThis